Dasar Pemrograman Komputer;
Pengertian Hardware
Pengertian komputer :
Apa yang dimaksud dengan komputer? Secara umum, pengertian Komputer adalah
suatu perangkat elektronik yang dapat digunakan untuk mengolah data
sesuai dengan prosedur yang telah dirumuskan sebelumnya sehingga
menghasilkan informasi bermanfaat bagi penggunanya.
Definisi komputer adalah alat elektronik yang terdiri dari rangkaian
berbagai komponen yang saling terhubung sehingga membentuk suatu sistem
kerja. Sistem di dalam komputer tersebut dapat melakukan pekerjaan
secara otomatis berdasarkan program yang diperintahkan kepadanya
sehingga mampu menghasilkan informasi berdasarkan data dan program yang
ada.
Pada umumnya komputer terdiri dari 3 elemen utama, antara lain:
- Perangkat Keras ( Hadrware ) yang terdiri dari Processor, RAM, Harddisk, Motherboard, dan CPU.
- Perangkat Lunak ( Software ) yaitu sistem operasi dan juga berbagai aplikasi yang dimasukkan ke dalam hardware dan bekerja sesuai perintah dari pengguna.
- Pengguna Komputer ( Brainware ) yaitu pemakai atau operator komputer.
Apa itu Hardware?
Pengertian hardware adalah segala piranti atau komponen dari sebuah komputer yang sifatnya bisa dilihat secara kasat mata dan bisa diraba secara langsung. Dengann kata lain hardware merupakan komponen yang memiliki bentuk nyata.
Hardware atau
perangkat keras berfungsi untuk mendukung segala proses dalam
komputerisasi dan bekerja sesuai perintah yang sudah ditentukan
penggunanya atau yang sering disebut dengan brainware. Dengan adanya komponen hardware, maka bentuk output dari setiap proses bisa direalisasikan. Seperti
kita tahu, komputer memiliki beberapa komponen yang bekerja secara
bersama-sama untuk mengolah informasi mentah menjadi informasi baru yang
mudah dimengerti manusia. Jika salah satu komponen tidak dapat bekerja
sebagaimana mestinya maka proses pengelohan informasi/ data pada
komputer tidak akan berjalan dengan baik.
Fungsi Hardware
Seperti
yang disebutkan di atas, pengertian hardware adalah komponen dalam
komputer yang dapat dilihat secara kasat mata dan memiliki fungsi
tertentu. Masing-masing hardware komputer memiliki fungsi yang berbeda.
Secara umum, ada empat fungsi utama dari hardware, diantaranya adalah:
1. Menerima Input
Hardware
tertentu memiliki fungsi khusus untuk menerima input yang dilakukan
oleh user. Masukan tersebut nantinya akan diproses menjadi informasi
baru.
2. Mengolah Data/ Informasi
Setelah
menerima masukan atau input, beberapa hardware memiliki fungsi khusus
untuk mengolah atau memproses input tersebut menjadi informasi baru.
3. Memberikan Output
Setelah
diproses, hardware tertentu akan memberikan output atau keluaran kepada
user. Setiap output yang dilihat oleh user akan ditampilkan melalui
hardware khusus.
4. Menyimpan Data/ Informasi
Output
yang dihasilkan oleh komputer dapat disimpan dalam perangkat
penyimpanan sekunder pada komputer. Hardware untuk menyimpan data tidak
hanya terpasang di dalam komputer, namun ada juga hardware yang dipasang
di luar.
Jenis-Jenis Hardware Berdasarkan Fungsinya
Untuk melengkapi pengertian hardware di atas, berikut ini adalah tiga jenis hardware atau perangkat keras berdasarkan fungsinya:
1. Perangkat Masukan (Input Device)
Input
device (perangkat masukan) adalah hardware atau perangkat keras yang
berfungsi untuk memasukkan data atau informas ke komputer. Data atau
informasi tersebut dapat berbentuk gambar, teks, video, dan audio.
Beberapa contoh input device antara lain:- Keyboard
- Mouse
- Microphone
- Webcam
- Dan lain-lain
2. Perangkat Pemrosesan (Process Device)
Process
device adalah perangkat komputer yang berfungsi untuk mengolah atau
memproses berbagai data dan informasi yang dimasukkan ke dalam komputer.
Process device dapat juga disebut sebagai ‘otak’ komputer karena dapat
memproses informasi yang dimasukkan ke komputer.
Beberapa contoh process divice adalah:
- CPU (Central Processing Unit)
- VGA (Video Graphics Adapter)
- RAM (Random Access Memory)
- Power Supply
- Dan lain-lain
3. Perangkat Keluaran (Output Device)
Output
device adalah perangkat dalam komputer yang berfungsi untuk menampung
dan menghasilkan data-data di dalam komputer yang kemudian dikeluarkan
melalui perangkat lain yang terhubung ke komputer.
Misalnya
informasi atau data yang dikeluarkan dalam bentuk gambar, teks, video,
dan audio. Beberapa hardware untuk ouput divice tersebut diantaranya:
- Monitor komputer
- Proyektor
- Printer
- Dan lain-lain
4. Perangkat Penyimpanan (Storage Unit)
Perangkat
penyimpan adalah hardware yang dapat menyimpan informasi dan data, baik
perangkat di dalam komputer maupun di luar komputer. Salah satu contoh
storage unit adalah harddisk yang berfungsi sebagai alat penyimpanan
data di dalam komputer.
Penyimpanan
data tidak hanya dapat dilakukan dalam komputer, namun bisa juga
dilakukan di luar komputer dengan harddisk eksternal.
5. Perangkat Tambahan (Periferal)
Periferal merupakan hardware yang berfungsi membantu komputer dalam menjalankan perintah dari pengguna. Modem adalah salah satu contoh perangkat tambahan pada komputer yang berfungsi menghubungkan perangkat komputer dengan jaringan internet.Contoh Hardware Pada Komputer
Di bawah ini adalah beberapa contoh hardware pada komputer, antara lain:
1. Contoh Hardware Input Device
- Keyboard; perangkat ini berfungsi untuk membantu pengguna memasukkan simbol, angka ke dalam komputer. Bentuknya seperti papan dan terdapat berbagai tombol huruf, angka, dan simbol.
- Mouse; perangkat yang berfungsi untuk menggerakkan kursor pada layar komputer dan memudahkan memilih menu yang ada di komputer.
- Scanner; hardware ini berperan untuk mengubah dokumen hard copy menjadi soft copy. Perangkat keras ini sangat penting untuk mengarsipkan dokumen-dokumen yang sudah dibubuhi stempel dan tandatangan.
2. Contoh Hardware Process Device
- CPU; ini adalah otak komputer yang mengontrol semua proses kerja pada komputer, mulai dari intruksi, pengolahan, hingga menghasilkan output.
- VGA; merupakan hardware yang berfungsi untuk memproses atau mengolah data grafis dan hasil prosesnya ditampilkan pada layar monitor komputer.
- RAM; Random Access Memory (RAM) merupakan perangkat keras pada komputer yang sangat menentukan kecepatan akses komputer.
3. Contoh Hardware Output Device
- Monitor; mengacu dari pengertian hardware, maka seringkali yang terlintas pertama kali dalam benak kita adalah komponen monitor. Monitor merupakan komponen primer yang harus dimiliki setiap perusahaan untuk melakukan berbagai pekerjaan yang berhubungan dengan data dan dokumen.
- Printer; seperti yang telah dijelaskan dalam pengertian hardware sebelumnya sebagai komponen output atau bentuk realisasi dari perintah. Printer berfungsi untuk mencetak segala macam dokumen yang dibutuhkan.
- Proyektor LCD; proyektor LCD berfungsi untuk membantu menampilkan gambar atau video dari komputer ke layar LCD. Dengan menggunakan proyektor LCD maka berbagai presentasi dapat disampaikan dengan lebih jelas.
4. Contoh Hardware Storage Device
- Harddisk; berfungsi untuk menyimpan data atau informasi pada komputer dengan kapasitas yang besar. Selain di dalam komputer, harddisk saat ini ada juga yang bentuknya portable, atau sering disebut dengan harddisk eksternal.
- Flashdisk; berfungsi sebagai alat menyimpan data dari komputer dan memiliki konektor USB untuk menghubungkannya ke komputer atau media lainnya. Biasanya Flashdisk digunakan untuk memindahkan data dari satu komputer ke komputer lainnya.
- Optical Disk; media penyimpanan data yang dapat ditulis/dibaca oleh cahaya laser. Media penyimpanan data Optical Disk misalnya seperti Compact Disk (CD) dan Digital Versatile Disk (DVD).
5. Contoh Hardware Periferal
- Modem; ini adalah hardware yang berfungsi sebagai alat komunikasi yang dapat mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog, ataupun sebaliknya. Modem dapat memungkinkan komputer terhubung ke internet.
Pengertian Software: Fungsi, Jenis, dan Contoh Perangkat Lunak
https://www.maxmanroe.com/vid/teknologi/pengertian-software.htmlPengertian Software
Adalah suatu bagian dari sistem komputer yang tidak memiliki wujud fisik dan tidak terlihat karena merupakan sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer berupa program yang dapat menjalankan suatu perintah.
Ada juga yang menyebutkan
pengertian software adalah suatu data yang diprogram, diformat, dan
disimpan secara digital, tidak berbentuk fisik tapi dapat dioperasikan
oleh penggunanya melalui perangkat komputer.
Sebuah software atau perangkat lunak merupakan jembatan penghubung yang menghubungkan antara pengguna dengan hardware
sehingga dapat melakukan suatu perintah tertentu. Jadi, tanpa adanya
software maka komputer hanyalah sebuah mesin yang tidak bisa menjalankan
perintah apapun dari user.
Fungsi Software Secara Umum
Pada
dasarnya fungsi utama software adalah untuk membuat sebuah komputer
dapat menjalankan perintah dari user. Mengacu pada pengertian software
yang dijelaskan di atas, adapun beberapa fungsi software adalah sebagai
berikut:
- Menyediakan fungsi dasar dari sebuah komputer sehingga dapat dioperasikan. Misalnya ketersediaan sistem operasi dan sistem pendukung pada komputer.
- Mengatur setiap hardware yang ada pada komputer sehingga dapat bekerja secara simultan.
- Menjadi penghubung antara beberapa perangkat lunak lainnya dengan hardware yang ada pada komputer.
- Perangkat lunak juga berfungsi sebagai penerjemah suatu perintah software lainnya ke dalam bahasa mesin, sehingga dapat dimengerti oleh hardware.
- Software juga dapat mengidentifikasi suatu program yang ada pada sebuah komputer.
Dari
penjelasan beberapa fungsi perangkat lunak, tidak salah bila software
dianggap sebagai nyawa dari sebuah komputer. Bagaimanapun juga, sebuah
komputer hanya dapat beroperasi bila memiliki perangkat keras dan
perangkat lunak di dalamnya.
Klasifikasi Software
Meskipun fungsi utama perangkat lunak adalah sebagai penghubung antara hardware dengan user, pada penggunaan perangkat lunak ternyata terbagi dalam beberapa jenis. Adapun klasifikasi software adalah sebagai berikut:
1. Software Berdasarkan Jenisnya
- Operating System (sistem operasi), yaitu perangkat lunak yang berfungsi untuk mengelola dan mengkoordinasikan setiap komponen dan fungsi komputer. Beberapa contoh operating sistem adalah; Windows, Linux, UNIX, DOS.
- Programming Language (Bahasa Pemrograman), yaitu perangkat lunak yang berfungsi sebagai pemberi instruksi standar yang melibatkan sintak dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan suatu program aplikasi komputer (computer application program). Beberapa contoh Bahasa Pemrograman adalah; PHP, Java, Microsoft Visual Basic.
- Application Program (Program Aplikasi), yaitu perangkat lunak yang memiliki fungsi tertentu, misalnya software untuk presentasi, software akuntansi, dan lain sebagainya. Beberapa contoh Program Aplikasi adalah; Microsoft Office Word, Microsoft Office Excel, MYOB, OpenOffice.org, dan lainnya.
2. Software Berdasarkan Distribusinya
- Freeware, yaitu perangkat lunak yang dapat dimiliki dan digunakan secara gratis tanpa batas waktu tertentu. Biasanya perangkat lunak jenis ini memiliki fitur yang kurang lengkap dan tidak maksimal.
- Adware, yaitu software yang bisa didapatkan dan digunakan secara gratis namun dengan kompensasi adanya iklan yang muncul di komputer user.
- Spyware, yaitu perangkat lunak yang dibuat khusus untuk memata-matai segala aktivitas pengguna komputer. Biasanya software jenis ini banyak disalahgunakan, misalnya untuk mencuri data dari komputer lain.
- OpenSource, yaitu software yang kode sumbernya dapat dibuka, diubah-ubah, ditingkatkan, dan disebarluaskan. Biasanya software jesni ini dapat diperoleh secara gratis dan dapat dikembangkan oleh orang lain dengan lisensi GPL (General Public License).
- Shareware, yaitu piranti lunak untuk keperluan tertentu yang dibagikan secara gratis, biasanya sebagai demonstrasi dengan fitur terbatas dan penggunaannya untuk waktu terbatas (misalnya 30 hari).
Ada banyak sekali contoh software yang dipakai oleh pemilik komputer untuk kegiatannya sehari-hari, baik itu software gratis maupun yang berbayar. Adapun beberapa contoh software adalah sebagai berikut:
- Microsoft Windows, yaitu sistem operasi komputer yang berbasis command-line.
- Microsoft Office Word, yaitu piranti lunak yang berfungsi untuk membuat dan mengedit sebuah dokumen.
- Microsoft Office PowerPoint, yaitu software untuk membuat presentasi, video, dan lain-lain.
- Google Chrome, yaitu software yang berfungsi sebagai internet browser.
- Photoshop, yaitu software untuk membuat dan mengedit gambar atau foto.
- VCL Media Player, yaitu software pemutar video.
- FastStone Image Viewer, yaitu software untuk membuka dan mengedit file gambar di dalam komputer.
Diagram Blok komputer adalah diagram yang dibuat untuk mempetakan proses kerja pada suatu komputer, hal ini bertujuan untuk memudahkan seseorang dalam mengenal komponen-komponen dalam CPU dan memahami alur kerja di dalamnya.
Komponen-komponen yang terdapat dalam komputer sangatlah beragam, serta mempunyai fungsi yang berbeda-beda, namun tetap dalam koridor yang sama.
1. Input Device
Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atau perintah ke dalam komputer contohnya :
A. Keyboard
• Fungsi :
Fungsi keyboard digunakan untuk mengetik teks dan angka ke dalam
pengolah kata, editor teks atau program lainnya. Sebuah keyboard
komputer membedakan setiap tombol fisik dari setiap lain dan laporan
semua penekanan tombol pada software. Keyboard juga digunakan untuk
memainkan game komputer, baik dengan keyboard biasa atau dengan
menggunakan keyboard dengan fitur-fitur game khusus, yang dapat
mempercepat kombinasi keystroke yang sering digunakan. Keyboard juga
digunakan untuk memberikan perintah ke sistem operasi komputer, seperti ‘
kombinasi Windows Control-Alt-Delete, yang menampilkan jendela task
manager dan masih banyak lainya.
• Jenis-jenis Keyboard :
Keyboard mengadopsi port PS / 2, menggunakan port USB. keyboard nirkabel.
B. Mouse
• Fungsi :
Mouse adalah perangkat genggam yang digunakan untuk menunjuk posisi kursor pada layar komputer. Hal ini memungkinkan pengguna untuk memilih item yang disimpan pada komputer dan, kemudian, melakukan tindakan pada item-item.
• Macam – macam :
1) Mouse Mekanik yaitu mouse dengan sensor mekanik berupa bola karet/logam di sisi bawah mouse yang dapat berputar ke semua arah. Sensor mekanik tersebut mendeteksi arah putar bola dan menggerakkan pointer/kursor pada layar sesuai arah tersebut
2) Mouse optomekanik, sama dengan mouse mekanik tetapi menambahkan sensor optic untuk mendeteksi gerakan dari bola mouse
3) Mouse optik, menggunakan sinar laser atau sinar LED (Light Emitting Diode) untuk mendeteksi pergerakan mouse
C. Scanner
• Fungsi :
Scanner adalah suatu alat yang bekerja dengan memindahkan objek yang terdapat diatas lensa scanner ke dalam memory penyimpanan komputer. Jadi jika diatas lensa scanner terdapat sebuah kertas yang berisi teks ataupun gambar, nantinya isi yang ada pada kertas yang bersangkutan ini akan dipindahkan 100% ke dalam komputer.
2. Output Device
Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy (ke kertas), soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara.
a. Monitor
• Macam teknologi monitor
1) CRT (Cathode Rays Tube)
2) LCD (Liquid Crystal Display)
3) LED (Light Emitting Diode)
Pada intinya 3 jenis monitor ini mempunyai perbedaan pada bentuk fisik, pancaran cahaya, dan kekuatan resolusi, serta daya listrik yang dibutuhkan.
b. Printer
• Fungsi :
Printer adalah alat untuk mencetak hasil kerja dari komputer kedalam media kertas
• Jenis-jenis printer
1) Printer Daisy Wheel
Printer jenis ini menggunakan kumpulan huruf yang tersusun dalam sebuah piringan, piringan ini bisa diganti-ganti sesuai dengan jenis huruf yang diinginkan. Cara bekerjanya relatip sangat lambat serta tidak lebih cepat dari mesin ketik listrik. Walaupun begitu, kualitas huruf yang ditampilkan sangatlah bagus. Kelemahan lainnya adalah, printer jenis ini tidak bisa digunakan untuk mencetak gambar ataupun grafik.
2) Printer Dot Matrix
Head dari printer jenis ini, terdiri atas 7 atau 9 ataupun 24 jarum yang tersusun secara vertical dan membentuk sebuah kolom. Pada saat bekerja, jarum yang ada akan membentuk character images melalui gesekan-gesekan jarum pada karbon dan kertas.
3) Printer Inkjet
Proses pencetakannya menggunakan semprotan tinta (dimana proses penyemprotannya diatur oleh komputer) ke media cetak guna menghasilkan character ataupun gambar yang sesuai. Karena menggunakan teknik semprot, maka printer jenis ini sama sekali tidak menimbulkan suara/brisik seperti halnya printer-printer sebelumnya.
4) Printer Laser jet
Printer jenis ini memakai sistem yang hampir sama dengan sistem yang dipakai oleh mesin foto-copy, sehingga hasil cetakkannya jauh lebih rapi jika dibanding dengan printer-printer sebelumnya. Proses pencetakkannya dilakukan dengan mem-fokuskan gambar yang akan dicetak titik pertitik yang dilakukan oleh semi conductor laser.
5) Printer Plotter
Plotter merupakan jenis printer yang dirancang secara khusus guna menghasilkan output komputer yang berupa gambar ataupun grafik. Dengan menghubungkan plotter pada sistem komputer, maka pelbagai bentuk gambar akan dapat disajikan secara prima. Landscape-arsitektur banyak menggunakan plotter guna menghasilkan gambar landscape, potongan pohon, ataupun untuk membantu memvisualisasikan efek dari segala kegiatan yang ada.
6) Printer Line
Printer yang mempunyai kemampuan untuk mencetak satu baris (line) kata-kata dalam satu saat. Dengan demikian, kecepatan cetak dari line printer ini menjadi tinggi sekali apabila dibanding dengan character printer. Line printer biasanya dihubungkan dengan mini ataupun mainframe komputer.
7) Printer Digital
Printer ini bisa mencetak gambar secara langsung dari kamera digital tanpa membutuhkan adanya sebuah PC. Walaupun demikian, printer jenis ini juga bisa dihubungkan dengan sebuah PC.
c. Speaker
Berfungsi untuk output suara.
3. I/O Ports
Bagian ini digunakan untuk menerima ataupun mengirim data ke luar sistem. Peralatan input dan output di atas terhubung melalui port ini.
4. CPU (Central Processing Unit)
Central Processing Unit (CPU) merupakan otak sistem komputer. CPU memiliki dua bagian fungsi operasional yaitu :
a. Arithmetical Logical Unit (ALU) sebagai pusat pengolah data.
b. Control Unit (CU) digunakan untuk mengontrol kerja komputer. Biasa disebut dengan nama processor saja.
Komponen-komponen yang terdapat dalam CPU adalah :
1) Mainboard
• Pengertian Mainboard
Motherboard atau mainboard merupakan papan utama dimana terdapat komponen-komponen serta chip controller yang bertugas mengatur lalu lintas data dalam sistem motherboard. Pada Motherboard juga terdapat socket untuk processor, slot-slot yang digunakan untuk pemasangan komponen kartu seperti VGA Card, SoundCard, Internal Modem, dan lain-lain.
• Fungsi Mainboard
1) Organisasi, mengatur dan menentukan alat ( peripheral ) yang bisa dipasang pada komputer
2) Kontrol, di dalam motherboard terdapat chipset dan program BIOS yang berfungsi mengatur data komponen komputer lain
3) Komunikasi, hampir semua komunikasi harus melalui motherboard.
2) Processor
• Fungsi
Processor berfungsi untuk mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas.
• Cara kerja
Kerja processor akan terus terhubung dengan komponen komputer yang lainnya, terutama hardisk dan RAM. Dimana setiap data akan melalui processor mengeluarkan atau output yang sesuai. Processor hanya dapat mengenali bahasa mesin yaitu dengan notasi bilangan biner yang hanya berupa 2 angka saja yaitu 0 dan 1 (01010101). Bilangan biner merupakan notasi untuk perangkat elektronik di mana bilangan nol (0) menandakan tidak terdapat sinyal listrik dan bilangan satu (1) menandakan adanya sinyal listrik.
3) Memory
Terbagi menjadi beberapa macam yaitu :
A. ROM (Read-Only-Memory a.k.a firmware)
Memori yang isinya tidak hilang ketika tidak mendapat aliran listrik dan pada awalnya isinya hanya bisa dibaca. ROM pada komputer disediakan oleh vendor komputer dan berisi program atau data. Di dalam PC, ROM biasa disebut BIOS (Basic Input/Output System) atau ROM-BIOS. Instruksi dalam BIOS inilah yang akan dijalankan oleh mikroprosesor ketika komputer mulai dihidupkan.
B. RAM (Random-Access Memory)
Memori yang isinya dapat diganti-ganti selama komputer dihidupkan dan bersifat volatile. Selain itu, RAM mempunyai sifat yakni dapat menyimpan dan mengambil data dengan sangat cepat.
C. Memori Ekternal
Memori tambahan yang berfungsi untuk menyimpan data atau program. Contoh: Hardisk, Floppy Disk, Optical Disk dll.
5. Interkoneksi Antar Komponen
Disebut juga galur/jalur (bus) yang terdapat pada mainboard, bus ini terdiri dari 3 macam yaitu :
A. Data Bus
Adalah jalur-jalur perpindahan data antarmodul dalam sistem komputer. Biasanya terdiri dari 8, 16 , 32 atau 64 jalur data yang paralel. Karena pada suatu saat tertentu masing-masing saluran hanya dapat membawa 1 bit data, maka jumlah saluran menentukan jumlah bit yang dapat ditransfer pada suatu saat. Lebar data bus ini menentukan kinerja sistem secara keseluruhan. Sifatnya bidirectional, misalnya CPU dapat membaca dari memory atau port dan dapat juga mengirim ke memory atau port.
B. Address Bus
Digunakan untuk menandakan lokasi sumber ataupun tujuan pada proses transfer data. Pada jalur ini CPU akan mengirimkan alamat memory yang akan ditulis atau dibaca. Address Bus biasanya terdiri atas 16, 20, 24 atau 32 jalur paralel. Lebar Address Bus menentukan kapasitas memory maksimum sistem. Sebagai contoh bila
CPU mempunyai Address Bus 20 bit maka CPU dapat mengalamatkan 220 atau 1048576 alamat (1 MB).
C. Control Bus
Digunakan untuk mengontrol penggunaan, serta akses ke Data Bus dan Address Bus. Control Bus terdiri dari 4 sampai 10 jalur paralel. CPU akan mengirimkan sinyal pada control bus ini bila akan meng-enable sebuah alamat yang ditunjuk, baik itu memory atau I/O port.
ALUR PEMROSESAN DATA PADA KOMPUTER:
Berikut ini merupakan Bagan tentang Alur Pemrosesan Data pada Komputer (Data Bus) :
Input :
Data yang akan di proses atau dibuat.
I/O :
Input / Output.
Proses :
Pengolahan data yang dimasukkan.
Memori :
Tempat menyimpan data sementara pada saat data diproses.
Storage :
Tempat menyimpan data secara permanen seteah diproses.
Output :
Hasil dari proses yang berupa tampilan, suara, cetakan.
Sistem komputer memiliki
siklus pengolahan yang pasti. Siklus pengolahan itu sendiri mengacu kepada
makna dari arti komputer itu sendiri. Ada tiga pokok dalam siklus pengolahan
data dengan menggunakan komputer tersebut, yaitu input, proses, dan output.
Sedangkan untuk proses sendiri, pemroses dibantu oleh beberapa bagian lain,
yaitu program serta penyimpan (storage).
Input Merupakan aktifitas pemberian data kepada komputer, dimana data tersebut merupakan masukan bagi komputer. Agar data dapat diterima oleh komputer dengan baik, komputer memiliki peralatan yang berfungsi untuk hal ini, yang disebut dengan input device .
Pada komputer, input device ini juga bermacam-macam, tergantung bagaimana proses input tersebut dilaksanakan. Bermacam-macam input device yang digunakan oleh komputer, contohnya adalah keyboard untuk mengetikkan informasi, pembaca kode batang pada transaksi di supermarket, kamera untuk menangkap gambar, dan lain sebagainya. Masukan yang didapatkan oleh input device tersebut informasinya dikirimkan ke pemroses (otaknya komputer) untuk diproses lebih lanjut, diabaikan atau informasi tersebut disimpan dalam media penyimpanan.
Proses Setiap masukan yang disampaikan kepada komputer akan masuk ke pemroses, pemroses ini dikenal juga dengan nama processor . Pemroses ini bisa disebut dengan otaknya komputer. Pemroses ini akan menentukan akan diapakan informasi yang masuk tersebut. Jika diolah lebih lanjut, maka data tersebut diolah sesuai dengan ketentuan yang telah disusun sedemikian kedalam otak komputer. Ketentuan yang telah disusun ini adalah instruction set. Instruction set ini merupakan format baku perintah yang dapat dilaksanakan oleh pemroses.
Pemroses memiliki hubungan dengan media input, program, storage serta media output. Masing-masing akan dikontak oleh pemroses sesuai dengan tugasnya masing-masing. Pemroses ini hanya berfungsi untuk menjalankan perintah yang diterimanya dari program. Tindak lanjut dari masing-masing perintah, katakanlah menampilkan data terebut ke monitor atau ke printer, maka pemroses akan mengirimkan lagi hasil olahannya ke media yang dituju.
Dengan mengirimkan data ke media yang dituju, maka berarti pemroses menyerahkan tugasnya kepada media tersebut sambil mengirimkan data-data yang diperlukan oleh media yang dituju serta instruksi yang diminta untuk dilaksanakan oleh media yang dituju itu tadi. Bus Bus merupakan jalur penghubung antar alat pada komputer yang digunakan sebagai media dalam proses melewatkan data pada suatu proses. Bus ini bisa dianggap sebagai sebuah pipa, dimana pipa atau saluran tersebut digunakan untuk mengirimkan dan menerima informasi antar alat yang dihubungkannya.
Pada sistem komputer, bus ini termasuk perangkat internal, kecepatan pengiriman informasi melalui bus ini dilakukan dengan kecepatan tinggi. Program Program merupakan kumpulan instruction set yang akan dijalankan oleh pemroses, yaitu berupa software. Bagaimana sebuah sistem komputer berpikir diatur oleh program ini. Program inilah yang mengendalikan semua aktifitas yang ada pada pemroses. Program berisi konstruksi logika yang dibuat oleh manusia, dan sudah diterjemahkan ke dalam bahasa mesin sesuai dengan format yang ada pada instruction set.
Storage Dalam menjalankan proses, selain proses diatur oleh program, pemroses juga memiliki akses ke media penyimpan yang disebut dengan storage. Storage ini berfungsi untuk menyimpan berbagai informasi yang dibutuhkan untuk menjalankan fungsi pemroses, baik untuk penyimpan sementara maupun untuk jangka panjang.
Pemroses melakukan tugasnya sesuai dengan kendali yang ada pada program. Proses untuk mengambil data atau menyimpan data pada storage ini dilaksanakan oleh pemroses sesuai dengan perintah yang diterima pemroses dari program yang sedang ia jalankan.
Output Merupakan aktifitas menerima data dari hasil pengolahan pada bagian pemroses. Jika terdapat data pada aktifitas output ini, berarti pemroses menyerakan tugas selanjutnya kepada bagian ini. Tentu saja pada bagian ini diperlukan juga peralatan yang bekerja, dimana peralatan terebut disebut dengan output device. Pada komputer contoh output device ini adalah printer (pencetak). Ketika data output dari pemroses diterimanya maka printer akan melaksanakan tugas yang diterima dari pemroses tadi.
Pengertian Data Komputer :
https://www.panduanit.com/2019/08/perbedaan-ukuran-data-kilobyte-megabytes-terabyte.html
Data adalah setiap rangkaian satu atau lebih karakter yang diberi makna dengan tindakan (tindakan-tindakan) khusus dalam interpretasi. Data dapat berupa karakter apapun, termasuk teks dan angka, gambar, suara atau video.
Dalam penyimpanan komputer, data merupakan kumpulan angka yang direpresentasikan sebagai byte berurutan yang terdiri dari bit (digit biner) yang dapat berupa angka 1 atau 0. Data diproses oleh CPU, yang menggunakan operasi logis untuk menghasilkan data baru (output) dari sumber data (input).
Jenis-Jenis Data Komputer
Sistem komputer bekerja dengan berbagai jenis data digital. Di awal era komputasi, data utama terdiri dari teks dan angka. Namun di era komputasi modern seperti sekarang ini, ada banyak jenis data multimedia yang berbeda, seperti audio, video, gambar dan grafik. Namun pada akhirnya, semua jenis data disimpan sebagai angka biner.Untuk setiap jenis data, ada teknik yang sangat spesifik untuk mengkonversi antara bahasa biner komputer dan bagaimana kita mengartikan data menggunakan indera, seperti penglihatan dan suara.
Ukuran Data Komputer
Ukuran data komputer dikelompokkan ke dalam beberapa satuan, diantaranya sebagai berikut:1. Bit (Digit Biner)
Bit hanyalah terdiri dari serangkaian angka 1 atau 0. Sebuah nilai True atau False. Bit adalah unit data pada komputer yang paling dasar, seperti titik dan garis dalam kode Morse untuk sebuah komputer. Bit juga disebut sebagai bahasa mesin.Data apapun yang disimpan pada komputer atau dikirimkan oleh komputer terdiri dari bit. Sebuah program (software) yang ditulis dalam bahasa pemrograman tingkat tinggi (bahasa pemrograman yang dapat dibaca manusia) seperti PHP atau C++ dikonversi ke bahasa mesin (bit) sebelum komputer dapat menjalankannya.
Bit dapat mewakili apapun yang kita inginkan, mungkin “Yes” atau “No”, tapi bit hanya memiliki dua nilai (1 dan 0). Jadi, untuk mewakili sesuatau/hal yang banyak, kita selalu mengelompokkan bit ke dalam potongan yang lebih besar. Banyaknya bit menentukan suatu jumlah maksimum kombinasi unik dari bit. Misalnya 8 bit memiliki 256 (28) kemungkinan kombinasi yang unik. Masing-masing kombinasi dapat memiliki arti tersendiri yang kita sepakati.
Pada analogi kode morse, misalkan kita memutuskan bahwa setiap huruf adalah kombinasi dari lima titik dan garis. Yang akan memberikan penerapan pada 32 (25) nilai-nilai kode unik. Itu sudah cukup untuk mewakili 26 huruf abjad dan 6 lebihnya, mungkin untuk tanda baca. (Ini hanyalah sebuah contoh, Kode Morse sebenarnya tidak bekerja seperti itu).
2. Byte
Byte adalah unit dasar dari ukuran penyimpanan informasi atau transmisi yang terdiri dari 8 bit. Byte dapat digunakan untuk mewakili huruf dan angka hingga 256. Misalnya, Byte yang berisi 8 bit 01000101 mewakili:- Huruf E di set karakter ASCII, atau
- Jumlah 69, karena 26 + 22 + 20 = 69.
Twitter memungkinkan pesan hingga 140 karakter (Byte), sementara SMS (Short Message Service) memungkinkan hingga 160 Byte. Kebanyakan teks email hanya dapat diukur dalam Byte, misalnya, email yang relatif kecil.
3. KB (KiloByte)
Kb (KiloByte) adalah unit data yang sama dengan 1024 byte, atau 210. Namun jangan disamakan dengan kilo angka desimal yang berarti 1000 atau 103. Adapun perbedaannya adalah istilah “kilobyte” diciptakan oleh para ilmuwan komputer. Kemampuan 2 tidak cocok dengan 1000, Oleh karena itu menggunakan sistem desimal dalam komputasi biner akan boros.4. MB (MegaByte)
MB (MegaByte) adalah unit data yang sama dengan 1.048.576 byte, atau 220. Mb sama dengan dengan kilobyte kuadrat, 10242.
Kebanyakan kamera digital membuat gambar yang berada di kisaran MB. Kamera 8 MP (megapiksel) memiliki 8 juta sensor, masing-masing mewakili pixel atau elemen gambar. Setiap pixel menggunakan beberapa nomor bit untuk mewakili beragam warna.
Sebuah Kamera “true color” memiliki 24 bit (3B) per pixel. Dengan asumsi tidak ada kompresi, masing-masing gambar akan berukuran 24 MB (dalam prakteknya, biasanya kita melakukan kompres gambar sehingga ukuran gambar menjadi antara 2 dan 8 MB).
5. GB (GigaByte)
GB (GigaByte) adalah unit data yang sama dengan 1.073.741.824 byte, atau 230. GB sama dengan kilobyte pangkat tiga, 10243.Karena perbedaan antara metrik komputer dan metrik desimal, perangkat penyimpanan biasanya diiklankan dengan gigabyte yang disajikan dalam 1 miliar byte bukannya 1.07 miliar byte, sehingga mengecilkan kapasitasnya yang sebenarnya. Hal ini menjelaskan mengapa ada ketidaksesuaian ketika membandingkan ukuran sebenarnya dari hard drive dengan ukuran yang disampaikan.
6. TB (terabyte)
TB (TeraByte) adalah unit data yang sama dengan 1.099.511.627.776 byte, atau 240. TB sama dengan kilobyte pangkat empat, 10244, berada di kisaran satu triliun byte atau 1024 gigabyte. Perangkat penyimpanan konsumen biasanya diukur dalam terabyte.7. PB (Petabyte)
PB (Petabyte) adalah unit data yang sama dengan 1.125.899.906.842.624 byte,
atau 250. PB sama dengan kilobyte lima, 10245, atau
kira-kira satu kuadriliun byte.
Data Center besar, seperti yang dioperasikan oleh Google, dapat menangani data dengan ukuran PB setiap hari. Microsoft store pada 900 server menangani total data sekitar 14 PB.
Tabel ukuran data komputer
Untuk memahami lebih jelas tentang perbandingan ukuran data, silahkan lihat tabel dibawah:
Data Center besar, seperti yang dioperasikan oleh Google, dapat menangani data dengan ukuran PB setiap hari. Microsoft store pada 900 server menangani total data sekitar 14 PB.
Tabel ukuran data komputer
Nama |
Sama dengan |
Ukuran dalam Byte |
|
1
|
Bit
|
1 Bit
|
1/8
|
2
|
Byte
|
8 Bit
|
1
|
3
|
Kilobyte
|
1024 Byte
|
1024
|
4
|
Megabyte
|
1024 Kilobyte
|
1.048.576
|
5
|
Gigabyte
|
1024 Megabyte
|
1.073.741.824
|
6
|
Terrabyte
|
1024 Gigabyte
|
1.099.511.627.776
|
7
|
Petabyte
|
1024 Terrabyte
|
1.125.899.906.842.624
|
8
|
Exabyte
|
1024 Petabyte
|
1.152.921.504.606.846.976
|
9
|
Zettabyte
|
1024 Exabyte
|
1.180.591.620.717.411.303.424
|
10
|
Yottabyte
|
1024 Zettabyte
|
1.208.925.819.614. 629.174.706.176
|
Untuk memahami lebih jelas tentang perbandingan ukuran data, silahkan lihat tabel dibawah:
Kecepatan Data Komputer
Kecepatan transfer data dapat diukur dalam bit per second (bit per detik), atau dalam byte per second (byte per detik). Satu byte sama dengan 8 bit. Para engineer jaringan menggambarkan kecepatan jaringan dalam bit per second, sedangkan web browser biasanya mengukur kecepatan download file dalam byte per second. Huruf keci “b” biasanya berarti bit, sedangkan huruf besasr “B” mewakili byte. Dalam jaringan, metrik prefiks (misalnya kilo, mega, dan giga) mengacu pada desimal-nya, bukan biner.1. bps (Bit per Second)
bps adalah cara utama dalam menggambarkan kecepatan transfer data komputer
beberapa dekade yang lalu.
2. Kbps (Kilobit per second)
kbps, atau 1000 bit per second. Kualitas file audio terkompresi (misalnya
MP3) biasanya diukur dalam Kbps.
3. Mbps (Megabit per second)
Mbps, atau 1.000.000 bit per second. ISP (Internet Service Provider)
biasanya mengukur koneksi internet-nya dalam mbps.
4. Gbps (Gigabit per second)
Gbps, atau 1.000.000.000 bit per second. LAN (Local Area Network) modern,
infrastruktur Internet, dan koneksi internet konsumen di beberapa negara dapat
beroperasi pada kecepatan ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar